4 Cara Hasilkan Foto Terbaik Pada Malam Hari


Pagi sampai sore hari merupakan momen paling tepat untuk menghasilkan foto terbaik. Hal ini dikarenakan pencahayaan alami dari sinar matahari yang membuat hasil foto lebih menawan. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa menghasilkan foto obyek terbaik pada malam hari. Dengan pencahayaan yang minim pun, Anda bisa mencoba teknik menghasilkan potret yang berkualitas. Agar hasil foto sesuai dengan keinginan, gunakan pencahayaan yang mendukung hasil foto lebih bagus.

Cara menjepret momen malam hari

Suasana gelap pada malam hari bisa menawarkan sensasi hasil foto yang memiliki nilai estetika tinggi. Bagi pemula yang hendak mengambil foto bangunan atau momen pada malam hari, maka pastikan tahu teknik memotret dengan cahaya yang minim. Anda bisa memfoto obyek atau momen pada malam hari dengan hasil yang maksimal bila mencoba trik berikut :

1. Menggunakan tripod

Baik kamera ponsel atau kamera profesional tidak akan menghasilkan potret yang bagus bila Anda tidak menggunakan tripod. Hal ini dikarenakan getaran tangan saat memegang kamera bisa berdampak pada hasil potret yang berbayang, kabur atau sejenisnya. Di pasaran, Anda bisa mendapatkan ragam model tripod dengan harga yang murah hingga harga lebih mahal tergantung merek dan keunggulan yang dimiliki.

2. Mengatur fokus manual

Anda yang suka menggunakan autofocus saat mengambil foto siang hari, wajib mengatur fokus secara manual pada malam hari. Minim pencahayaan malam hari membuat Anda harus mengganti pengaturan otomatis tersebut.

3. Menggunakan format RAW

Bila Anda memotret obyek pada malam hari dengan kamera DSLR, sebaiknya gunakan format RAW pada kamera. Hal ini bisa mendukung kualitas hasil foto lebih baik, alih-alih menggunakan format JPEG yang hemat memori ponsel. Coba saja mengubah format RAW pada kamera DSLR Anda, maka hasil foto akan tampak lebih tajam.

4. Mengambil foto percobaan beberapa kali

Bagi pecinta fotografi, Anda wajib melakukan eksperimen foto pada malam hari untuk mengasah kemampuan. Melakukan foto percobaan beberapa kali bukan hal yang salah sebab Anda bisa melihat potret mana yang paling bagus dengan teknik pengambilan tertentu.

Menggunakan shutter speed yang berbeda bisa menghasilkan foto yang lebih estetik, apalagi Anda berencana mengambil foto dengan latar kilatan lampu mobil atau kendaraan lain. Lihat hasil foto Anda yang bakal memiliki sense of art yang lebih bagus!

Bila mengambil foto di dalam kendaraan, gunakan lighting yang bagus seperti Nanlite Pavotube II 6C yang memiliki pilihan warna yang lebih beragam. Dijamin hasil foto Anda pada malam hari akan tetap detail dan tajam bila menggunakan pencahayaan yang bagus, apalagi Anda yang mengambil pemotretan di tempat tertentu.

Tinggal bawa produk Nanlite Pavotube yang berukuran mungil ke dalam tas, bisa bekerja dengan tingkat kecerahan penuh selama 65 menit, bisa diisi ulang dengan daya dari power bank, dan masih banyak keuntungan lainnya.

Kini Anda bisa coba lakukan pemotretan pada malam hari dengan memanfaatkan teknik di atas, ya! Jika butuh pencahayaan yang bisa mendukung kegiatan memotret dengan spektrum cahaya yang lebih bagus lho!

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.