Cari Jurusan Online Sistem Informasi Atau Data Science, Ada Kok Di Kuliah Online Pintaria

Cari-Jurusan-Online-Sistem-Informasi-Atau-Data-Science-Ada-Kok-Di-Kuliah-Online-Pintaria
Sumber gambar: pixabay

Kuliah online di Pintaria menawarkan program kuliah sistem informasi, salah satu jurusan yang populer di kalangan mahasiswa saat ini. Sistem Informasi merupakan kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu sendiri, tujuannya untuk mendukung operasi dan manajemen sebuah perusahaan. Dalam artian yang luas, Sistem Informasi sering ditunjuk pada interaksi orang, proses algoritmik, teknologi, dan data. 

Terkadang orang awam banyak yang salah persepsi mengenai jurusan ini, Sistem Informasi sering disamakan dengan jurusan Ilmu Komputer dan Teknik Informatika. Padahal sangat jelas jika ketiga jurusan ini merupakan bidang ilmu yang berbeda, meski memang ada persamaannya. 
  • Sistem informasi atau disebut dengan komputer dan manajemen, merupakan jurusan yang menggabungkan ilmu mengenai komputer dengan bisnis / manajemen. Untuk yang dipelajari sendiri tidak jauh berbeda dengan teknik komputer, hanya saja jurusan ini lebih berfokus menjadi 'jembatan' antara kebutuhan bisnis dan aplikasi yang harus dirancang oleh sebuah perusahaan. Jurusan ini juga mempelajari tentang programming, hanya saja tidak digambarkan secara berat seperti di jurusan Teknik Informatika. Selain itu jurusan sistem informasi tidak terlalu banyak berinteraksi dengan hardware.
  • Teknik Informatika dikenal sebagai jurusan programming, sesuai dengan namanya yang berfokus pada ilmu serta teknik yang membahas terkait pengolahan data atau masalah transformasi dengan pemanfaatan teknologi komputer melalui proses logika. Mahasiswa yang mengambil jurusan Teknik Informatika makan banyak berkutat pada masalah pemrograman, teknologi jaringan komputer, serta pengembangan software. Di beberapa universitas, jurusan ini sering disebut sebagai Ilmu Komputer.
  • Teknik komputer dikenal sebagai jurusan hardware, merupakan jurusan yang lebih berfokus pada perangkat keras / hardware. Mahasiswa tentunya tidak akan langsung disuruh untuk merakit komputer, perangkat keras yang dimaksud lebih berhubungan dengan microcontroller serta prosesor komputer. Sesekali mas itu juga akan belajar dengan programming, dengan bahasa mesin. 

Ada banyak universitas yang menawarkan jurusan sistem informasi, bahkan beberapa diantaranya sudah menawarkan kuliah online di jurusan ini. Pintaria bekerjasama dengan beberapa universitas, menawarkan program kuliah sistem informasi. berikut ini daftar universitas yang bekerjasama dengan Pintaria.com, diantaranya: 

Universitas Pembangunan Jaya 

Universitas swasta yang umurnya terbilang muda ini berdiri tahun 2011, lokasinya berada di wilayah Bintaro. Menawarkan berbagai fakultas pilihan terbaik, dengan berbagai program pendidikan. ada dua fakultas yang ditawarkan Universitas ini, yakni Fakultas Teknologi dan Desain serta Fakultas Humaniora dan Bisnis. 

Jurusan Sistem Informasi sendiri berada di Fakultas Teknologi dan Desain, bertujuan 'menjadikan sistem informasi dan teknologi informasi sebagai solusi bisnis dan Urban lifestyle and Urban development'. Ada beberapa peminatan jurusan Sistem Informasi di UPJ, diantaranya Sistem Informasi Business Intelligence, Sistem Informasi Akuntansi, dan Sistem Informasi Infographics. 

Kuliah online di Pintaria jurusan ini berlangsung selama 8 semester, sistem pembelajaran yang menggunakan metode blended learning. Jadi bisa ditebak, meskipun dinamakan kuliah online namun pihak Universitas masih menyediakan waktu kuliah tatap muka untuk mahasiswa. Gelar yang didapat adalah sarjana komputer (S.Kom), mahasiswa harus menyelesaikan 44 mata kuliah (20 mata kuliah online dan 24 mata kuliah tatap muka). 

Universitas MH Thamrin 

Universitas ini berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan MH Thamrin, lokasinya berada di wilayah Kramat Jati kota Jakarta Timur. Universitas MH Thamrin menawarkan 4 fakultas dengan berbagai jenjang pendidikan, di antaranya Fakultas Kesehatan, Fakultas Komputer, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, dan Fakultas Ekonomi. 

Untuk jurusan Sistem Informasi sendiri, berada di bawah naungan Fakultas Komputer. Jurusan ini memiliki visi 'terwujudnya program studi strata 1 sistem informasi fakultas komputer yang modern, mandiri, mampu berkompetensi dan unggul di tingkat nasional dan global dalam menunjang aktivitas grup MH Thamrin di bidang kesehatan dan rumah sakit'. 

Bekerja sama dengan pintaria.com, Universitas MH Thamrin menawarkan program S1 sistem informasi yang bisa dilaksanakan secara online. Metode yang digunakan adalah blended learning, di mana mahasiswa masih diberikan kesempatan untuk kuliah tatap muka di waktu yang telah ditetapkan. Sistem informasi di Universitas ini melahirkan business analyst. Untuk mendapatkan gelar sarjana komputer, mahasiswa harus menyelesaikan total 48 mata kuliah (21 mata kuliah online dan 27 mata kuliah tatap muka) 

Institut Teknologi Harapan Bangsa 

ITHB didirikan tahun 2002, berada di bawah naungan Yayasan Petra Harapan Bangsa yang lokasinya berada di wilayah Bandung Jawa Barat. Ada banyak program studi yang ditawarkan di universitas ini, salah satunya program studi S1 Sistem Informasi. 

Bagi yang ingin kuliah online, Universitas ini menawarkan program kuliah online dengan metode blended learning bekerja sama dengan Pintaria. Di Pintaria sendiri, jurusan S1 Sistem Informasi disebut dengan S1 data science karena fokus pembelajarannya pada data science. Jurusan ini merupakan satu-satunya yang berkonsentrasi pada data science, menggunakan metode blended learning dalam metode pembelajarannya. Setelah lulus, mahasiswa akan mendapatkan gelar sarjana komputer (S.Kom). Untuk jadwal kuliah tatap mukanya sendiri dilaksanakan hari Selasa dan Kamis, sedangkan untuk kuliah online bisa dilaksanakan kapan saja. 

Itulah beberapa universitas yang menyediakan kuliah online di Pintaria untuk jurusan Sistem Informasi dan Data Science. Selain jurusan tersebut, tentunya masih banyak jurusan lain yang bisa dipilih untuk kategori kuliah online.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.