Saat Depresi Bolehkah Minum Kopi


Sesudah semalaman bergadang, banyak orang akan siap sedia secangkir kopi pada pagi hari. Tuturnya, minum kopi dapat tingkatkan konsentrasi, kewaspadaan, serta konsentrasi waktu kerja. Tetapi, apa dampaknya akan sama bila Anda minum kopi waktu depresi? 

Bila sampai kini Anda teratur minum kopi waktu depresi, dengan keinginan situasi hati Anda akan lebih baik sesudahnya, jadi Anda salah besar. Yang ada, rutinitas ini malah dapat membuat Anda semakin depresi, lho! 

Waktu Anda alami banyak desakan atau depresi, badan menghasilkan hormon kortisol alias hormon depresi. Janganlah salah, hormon kortisol ini malah berperan sebagai pengontrol gula darah supaya gula dapat di proses jadi sumber daya. Dengan demikian, badan Anda bertambah bertenaga serta konsentrasi waktu kerja. 

Sayangnya, dampak minum kopi waktu depresi ini cuma sesaat. Christopher N. Ochner, PhD, seseorang asisten dosen di Icahn School of Medicine di Mount Sinai, mengutarakan jika tiap-tiap insentif mempunyai resikonya kekhawatiran. Begitupun cafein. 

Makin Anda terasa kuatir, ini bisa mengakibatkan Anda sulit tidur. Alih-alih menentramkan, kurang tidur malah membuat Anda makin depresi saja. 

Ini ikut di setujui oleh Roberta Lee, MD, seseorang ketua departemen Integrative Medicine di Mount Sinai Beth Israel. Menurut dia, dampak cafein pada kopi malah membuat orang makin resah. Yang ada, minum kopi waktu depresi cuma akan makin membuat Anda tidak tenang serta kecapekan. 

Panduan aman minum kopi saat depresi 

Sebenarnya, Anda bisa saja minum kopi waktu depresi. Akan tetapi, lihat dosisnya serta yakinkan jangan pernah terlalu berlebih. 

Buat Anda yang terlatih minum kopi waktu depresi, ikuti panduan amannya di bawah ini. 

  • Janganlah minum kopi umumnya. Batasi minum kopi dalam satu hari, yakni optimal 4 cangkir sehari-hari. Bila Anda alami sakit kepala atau ngilu otot, kurangi porsinya. 
  • Jauhi minum kopi diatas jam 2 siang. Ini mempunyai tujuan agar dampak kopi tidak mengganggu waktu tidur Anda pada malam hari. 
  • Istirahat yang cukuplah. Yakinkan Anda memperoleh cukuplah tidur minimum 7-8 jam satu hari agar terlepas dari depresi.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.