5 Bumbu Dapur yang Bisa Dijadikan Sebagai Obat Sakit Gigi


Hampir setiap orang pernah merasakan sakit gigi yang disebabkan oleh banyak hal, mulai dari kerusakan pada pulpa, yaitu lapisan inti terdalam yang terdapat pada gigi hingga berlubang, bisa karena keretakan gigi, bakteri yang menyerang gusi, serta tambalan gigi yang sudah pecah. Untuk mengatasinya, sebelum pergi ke dokter gigi kamu bisa menggunakan beberapa bumbu dapur yang disinyalir sebagai obat sakit gigi paling ampuh. 

Bumbu Dapur yang Bisa Mengatasi Sakit Gigi 

Sebagian orang terkadang takut pergi ke dokter gigi karena tindakan dokter dalam pengobatannya banyak yang bilang sakit. Ya, itu mungkin wajar terjadi. Mestinya kamu tidak perlu takut karena dokter pasti memiliki skill yang profesional. Namun, bagi kamu yang masih merasa takut, mungkin bisa menggunakan alternatif lain dengan bumbu dapur yang dinyatakan bisa menyembuhkan rasa sakitnya. Apa saja bumbu dapurnya? Yuk simak uraian di bawah ini. 

1. Bawang Putih 

Bawang putih memiliki manfaat antiseptik dan anti bakteri yang terkandung dalam minyak atsiri. Kandungan tersebut dapat menghilangkan rasa sakit pada gigi kamu bahkan ketika rasa sakitnya menyerang hebat. Caranya cukup simpel dan bisa dilakukan sendiri, tumbuk bawang putih beberapa siung hingga halus, kemudian tempelkan pada gigi yang sedang terasa sakit. Tunggulah rasa sakit yang perlahan mulai hilang. 

2. Bawang Merah 

Bawang merah memiliki manfaat yang lebih ampuh dari bawang putih karena ia mengandung antiseptik dan hingga anti mikroba yang mampu meredakan rasa sakit lebih cepat. Cara kerja bawang merah dalam meredakan sakit gigi ialah membunuh kuman penyebab sakit gigi. Cara menggunakannya sama persis dengan bawang putih, yakni ditumbuk halus dan tempelkan pada gigi kamu yang sakit. 

3. Biji Asam Jawa 

Biji asam jawa memang terkenal akan khasiatnya dalam dunia kesehatan, salah satunya sebagai obat sakit gigi serta memutihkan gigi secara alami. Manfaat biji asam jawa dalam pengobatan sakit gigi ialah menghilangkan rasa nyeri. 

Caranya sangrai terlebih dahulu biji asam jawa tersebut hingga kering dan bisa ditumbuk. Kemudian jadikan pasta gigi dengan mencampurkan beberapa tetes air. Pasta asam jawa ini dapat membunuh kuman penyebab sakit gigi. Agar bisa digunakan dengan cepat saat gigi kamu sedang sakit, mungkin sebaiknya kamu menyediakan sebagai stock di rumah. 

4. Lada 

Berbagai macam lada dapat kamu gunakan. Kandungan antiseptik yang terdapat dalam lada membantu kamu meredakan sakit yang menyerang gigi. Cara pemakaiannya sama persis dengan biji asam jawa, hanya saja lada tidak perlu disangrai dulu. Langsung saja kamu tumbuk hingga halus, lalu jadikan pasta gigi atau bisa juga menempelkannya pada gigi yang sedang terasa sakit. Khasiat lada dapat membunuh kuman penyebab sakit gigi. 

5. Daun Jambu Biji 

Daun jambu biji tidak hanya dapat meredakan diare, tapi bisa digunakan juga sebagai obat sakit gigi alami. Kandungan antiseptik yang terdapat pada daun jambu biji dapat menghilangkan rasa nyeri hingga membunuh kuman penyebab sakit gigi. Tumbuk daun biji yang sudah dibersihkan, lalu tempelkan pada gigi kamu yang sedang sakit. Perlahan rasa sakitnya akan hilang. 

Nah, demikianlah beberapa obat alami yang bisa kamu gunakan saat sakit gigi menyerang. Obat sakit gigi ini mudah sekali didapatkan, karena bahannya hanya bumbu dapur yang bisa kamu temukan sehari-hari. Namun, karena sakit gigi menyerang secara tiba-tiba maka mempersiapkannya terlebih dahulu mungkin lebih diutamakan ya! Mari ucapkan selamat tinggal pada sakit gigi.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.