5 Jenis-Jenis Prosesor Intel dari Masa ke Masa

5-Jenis-Jenis-Prosesor-Intel-dari-Masa-ke-Masa

Prosesor merupakan komponen dari komputer atau laptop yang berperan sangat penting. Komputer yang tidak memiliki prosesor sudah pasti tidak bisa dioperasikan, karena prosesor bisa dikatakan nyawa dari sebuah komputer. Selain itu, kemampuan dan kecepatan laptop tergantung dengan prosesor yang Anda gunakan. Ada banyak brand prosesor yang dijual dipasaran, namun hanya ada dua brand yang terkenal hampir di seluruh dunia, salah satunya prosesor intel. 

Jenis-jenis Prosesor Intel dari Masa ke Masa 

Jika kita membicarakan jenis-jenis prosesor intel dari masa ke masa, maka kita akan menemukan ratusan prosesor yang telah diproduksi. Daftar prosesor intel yang akan diuraikan di bawah ini akan dibahas mulai dari sejarah dan perkembangannya sejak berdiri hingga sekarang yang sudah menjadi perusahaan besar. Intel sendiri sudah mulai memproduksi prosesor pada tahun 1971 dan masih eksis hingga saat ini. Yuk kita bahas saja jenis-jenis prosesor intel di bawah ini. 

1. Intel 4004 

Pada mulanya intel bukan membuat prosesor untuk kebutuhan komputer. Produksi prosesor yang pertama mereka gunakan untuk membuat kecerdasan buatan pada benda mati. Eksperimen ini dilakukan pada sebuah mesin kalkulator Busicom. Prosesor intel 4004 ini adalah prosesor pertama yang disebut dengan microprocessor karena ukurannya yang sangat kecil. Prosesor ini memiliki kaki yang terbuat dari logam dan campuran emas. 

2. Intel 8008 

Pada tahun 1972 Intel kembali membuat prosesor kedua dengan jenis 8008. Seri prosesor intel 8008 ini mengalami perkembangan yang sangat pesat dan sangat cepat. Hal ini terbukti dari kualitas intel yang semakin meningkat serta permintaan masyarakat akan jenis intel 8008 ini. Peningkatannya pun bisa dikatakan cukup signifikan. Dengan seri intel 8008 ini perusahaan semakin dipercaya oleh perusahaan teknologi lainnya yang sama-sama menerapkan kecerdasan buatan pada benda mati. 

3. Intel 8080 

Pada tahun 1974 Intel mengeluarkan kembali jenis prosesor yang ketiga. Penemuan prosesor kali ini dapat dikatakan sebagai penemuan yang cemerlang pada zamannya. Dikatakan demikian karena jenis prosesor intel 8080 merupakan jenis prosesor utama yang mampu memproses data sebesar 8 bit. Kecepatan datanya pun sangat baik. Dengan penemuan yang cemerlang ini, prosesor intel 8080 menjadi prosesor pertama yang digunakan menjadi otak komputer Altair pada tahun 1974. 

4. Intel 8085 

Produksi prosesor semakin meningkat dalam setiap tahunnya, salah satunya dengan dibuatnya prosesor intel 8085 pada tahun 1976. Dengan perkembangan teknologi saat itu yang semakin canggih, kecepatan prosesor intel 8085 dibuat juga agar secanggih mungkin. Intel 8085 merupakan keluaran intel dari seri yang ketiga atau bisa dikatakan masih satu rumpun dengan intel 8080. Hanya saja dari segi kualitas dan kecepatan dibuat berbeda. 

5. Intel 8086 

Pada tahun 1978, secara perdana intel membuat prosesor pertama yang menggunakan desain arsitektur CPU x86. Istilah x86 belum dikenal pada masa itu. Meskipun demikian, prosesor 8086 menawarkan kemampuan mengolah data hingga 16 bit. Pengolahan data yang cukup besar ini pada masanya adalah produk teknologi terbaik. Peminat akan intel 8086 ini pun semakin hari semakin meningkat pada masa itu. 

Nah, demikianlah beberapa jenis-jenis prosesor intel dari masa ke masa. Sudah bisa kita lihat perkembangan prosesor intel dari dulu sangatlah signifikan. Setiap tahun selalu ada pembaharuan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dari prosesor itu sendiri. Maka tidak heran kalau pada masa sekarang prosesor intel menjadi prosesor yang paling banyak digunakan orang-orang, terlebih pada sebuah komputer atau laptop.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.