Tips Edit Gambar untuk Instagram

Tips-Edit-Gambar-untuk-Instagram

Aktifitas fotografi menjadi begitu digemari khususnya di kalangan milenial. Tak jarang Anda melihat begitu banyak postingan gambar yang bertebaran di internet maupun media sosial. Gambar itu sendiri dapat berupa foto aktifitas sehari-hari, selfie, makanan, travelling, pernikahan, dan lain-lain. Tak sedikit orang yang melakukan edit gambar untuk memberikan kesan yang lebih bagus. 

Kebanyakan orang saat ini memposting fotonya pada Instagram. Instagram merupakan media sosial yang menjadi wadah untuk mengekspresikan diri Anda melalui gambar atau video. Instagram menjadi media yang menyenangkan untuk berbagi juga berinteraksi dengan orang-orang di seluruh dunia. Anda bisa menyukai bahkan mengomentari foto atau video yang diposting oleh teman Anda. Selain itu, Anda juga bisa membagikan dan menyimpan foto yang Anda sukai. 

Karena postingan pada Instagram dilihat oleh banyak orang, maka tak sedikit yang melakukan modifikasi pada foto atau gambar yang akan diunggah. Edit gambar merupakan salah satu alternatif untuk membuat foto Anda memiliki kesan yang berbeda. Hal ini dilakukan agar foto Anda memiliki tampilan yang berbeda dari foto-foto lainnya juga memberikan kepuasan tersendiri. Selain itu, feed pada Instagram Anda akan menjadi rapi dan terlihat keren. 

Mengedit Gambar untuk Instagram 

Banyak aplikasi yang digunakan untuk mengedit gambar, salah satunya Photoshop. Aplikasi ini dapat membantu Anda untuk mengedit foto sesuai dengan yang diinginkan khususnya untuk di posting di Instagram. Namun sebelum Anda menggunakan Photoshop, sebaiknya Anda mengikuti beberapa tips yang harus diperhatikan jika foto Anda ingin tampil keren di Instagram, yaitu sebagai berikut: 

1. Mengatur Pencahayaan 

Langkah yang pertama yaitu mengatur pencahayaan. Anda harus memastikan objek yang diambil memiliki pencahayaan yang cukup memadai. Pencahayaan yang natural akan lebih baik daripada pencahayaan buatan, karena hal itu akan memberikan kesan yang lebih natural. Jika foto Anda tidak memiliki pencahayaan yang cukup, maka atur pencahayaan menggunakan aplikasi edit foto pada fitur brightness. 

Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan fitur contrast, shadows, warmth, dan highlights untuk mempercantik pencahayaan. 

2. Memilih Objek yang Cukup Dominan 

Jika pencahayaan sudah cukup, selanjutnya yaitu memilih objek yang paling dominan. Maksudnya, Anda dapat memilih objek foto yang dapat menjadi fokus untuk dilihat. 

Misalnya, Anda dapat mengambil objek gedung, pohon, gunung, dan lain-lain yang memiliki objek simetris maupun bentuk bangun datar dan bangunan-bangunan besar. Feeling dalam mengambil objek pun sangat diperlukan agar mendapatkan gambar dengan hasil yang bagus dan memuaskan. 

3. Memanfaatkan Fitur Grid 

Banyak yang tidak mengetahui fungsi dari fitur yang satu ini. Grid atau tampilan garis-garis berfungsi untuk mengatur kesejajaran dan segi simetris antar objek dalam sebuah gambar agar gambar tidak tertumpuk atau tumpang tindih. Misalnya, ketika Anda ingin mengambil sebuah objek di tengah-tengah, maka gunakan fitur ini agar sisi-sisi lainnya seimbang. 

4. Tambahkan Filter/Efek 

Hal ini banyak dilakukan oleh para pengguna Instagram agar gambar tampil lebih kece. Gunakan filter yang ada pada fitur Instagram. Jika ingin lebih bervariasi, Anda dapat menggunakan aplikasi lain seperti Photoshop. Pilihlah filter satu persatu sesuai dengan selera, namun perlu diingat bahwa memberikan filter terlalu berlebihan juga tidak disarankan karena hanya akan membuat foto menjadi tidak terlalu natural. 

Demikianlah beberapa tips dalam mengedit foto untuk Instagram. Jika Anda membutuhkan jasa edit gambar, kunjungi Fastwork.id. 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.