Sering Lupa Ganti Oli Sepeda Motor, Berikut Akibatnya


Pemilik motor harus lakukan perawatan teratur agar tunggangannya tetap dalam situasi sempurna. Jika diacuhkan, bukan mustahil jika setiap saat motor berhenti atau susah dihidupkan. 

Nah, satu diantara perawatan yang paling mudah serta harus dikerjakan ialah ubah oli mesin. 

Juki, punggawa bengkel spesialis motor matik R59 Matic Shop menjelaskan, banyak dampak negatif yang dapat muncul jika pemilik lupa ataukah tidak teratur ubah oli mesin motornya. 

"Banyak lah, pertama cepet overheat, setang seher macet, laher (bearing crankshaft rusak, sama elemen mesin yang lain ikut-ikutan aus kelak," membuka Juki. 

Sadar ataukah tidak, ubah oli nyatanya meningkatkan volume pelumas mesin sesuai dengan kapasitasnya. Karena, oli dapat menguap karena panas mesin, serta membuat volumenya di blok mesin menyusut. 

Akibatnya karena menyusutnya volume oli, membuat suhu mesin bertambah cepat panas. Ini tidak lepas dari manfaat oli tersebut tidak hanya melumasi suku elemen mesin, mendinginkan suhu karena gesekan yang berlangsung. 

"Sehari-harinya mah ada saja orang yang demikian (jarang ubah oli) servis ke sini meminta ubah oli, cocok dibuka paling oli hanya netes-netes doang," imbuhnya memberikan contoh pelanggannya yang hadir. 

Walau demikian, tidak hanya mesin cepat panas, Juki memberikan jika mesin dapat memunculkan bunyi yang kasar. 

"Berisik tentu, kan olinya sudah dikit, jadinya gesekan antar elemen semakin keras sama kasar dong, tidak lama dapat turun mesin itu," lebih Juki. 

Biasanya jarang ubah oli ini sebab pemiliknya lupa jeda ubah oli. Ada yang berdasar pada waktu atau jarak tempuh. Jika ikuti saran pabrikan, ubah oli dikerjakan tiap-tiap kelipatan 3.000 km atau 4.000 km. 

"Jika di sini anjurannya ya satu bulan sekali sich, kan motor buat kegiatan rutin, sama yang penting itu benar langkah ngerawatnya, tidak ada kelirunya rugi Rp 40 beberapa ribu dibandingkan Rp 1,5 juta sebab turun mesin," tutup pria yang turun juga di team Honda Rekor Ohlins IRC OEI ini.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.