Memanaskan Mesin Mobil di Pagi Hari, Apakah Wajib?


Memanaskan mobil pada pagi hari nyatanya telah jadi ‘ritual’ teratur yang dikerjakan beberapa pemilik kendaraan. 

Kepala Cabang Daihatsu Cengkareng, Irwan Oey, menjelaskan jika untuk mobil kekinian, memanaskan mobil semestinya tidak dikerjakan dalam tempo yang lama. 

“Kan mobil jaman saat ini tehnologinya telah tambah lebih bagus daripada mobil jaman dahulu. Panasin bisa, tetapi tidak butuh semakin lama. Cukuplah satu sampai satu 1/2 menit saja jika ingin manasin mobil, ” tutur Irwan. 

Selain itu, buat mobil yang hanya berhenti dalam beberapa saat saja, menurut Irwan, tidak butuh dipanasi mesinnya. Memanaskan mobil butuh dikerjakan jika unit telah beberapa hari ditinggal ke luar kota. 

“Kan mesinnya telah lama tidak bergerak serta panas, jadi harus dipancing agar mulus jika dibawa berjalan-jalan, ” paparnya. 

Tidak hanya tidak memerlukan waktu yang lama untuk memanaskan mobil, Irwan merekomendasikan supaya pengendara memanaskan mobil di ruang yang terbuka supaya ada perputaran hawa yang masuk ke mesin. 

“Kalau dapat di ruang terbuka. Jendela mobilnya dibuka saja agar ada hawa fresh yang masuk ke kabin serta antara AC mobil, ” tutup Irwan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.