Ketahuilah Jadwal Imunisasi IDAI yang Tepat Untuk Sang Anak

Ketahuilah-Jadwal-Imunisasi-IDAI-yang-Tepat-Untuk-Sang-Anak

Imunisasi merupakan hal yang wajib dilakukan untuk sang buah hati. Pemberian imunisasi untuk anak bertujuan agar anak kebal terhadap suatu penyakit. Hal ini sangat wajib diperlukan agar saat penyakit menyerang anak, maka sistem imunnya sudah dapat mengenal penyakit tersebut dan mengetahui cara melawan penyakit tersebut. Bagi buah hati Anda yang belum mendapatkan imunisasi, Anda harus tahu jadwal imunisasi IDAI terlebih dulu. 

IDAI atau Ikatan Dokter Anak Indonesia mengeluarkan jadwal imunisasi untuk menggantikan jadwal imunisasi yang telah ada sebelumnya. Jadwal ini ditetapkan pada tahun 2017 sebagai jadwal rutin pemberian imunisasi untuk anak yang telah diseragamkan dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 

Jadwal Imunisasi IDAI Untuk Anak 

Pemberian imunisasi tidak bisa dilakukan begitu saja tanpa perlu mempertimbangkan waktu maupun usia si kecil. Apabila Anda yang belum mengetahui jadwal imunisasi dari IDAI, berikut beberapa jadwal imunisasi dari IDAI sesuai jenis imunisasinya. 

1. Hepatitis B 

Pemberian jenis vaksin Hepatitis B monovalen diberikan saat anak berusia 0, 1, dan 6 bulan. Pemberian vaksin jenis ini idealnya diberikan pada anak dalam waktu 12 jam setelah anak lahir. Namun, untuk pemberiannya terlebih dahulu diberikan suntikan berupa vitamin K1 dengan minimal 30 menit sebelumnya. Vaksinasi HB kombinasi DTPw diberikan pada usia 2, 3, dan 4 bulan sedangkan HB kombinasi DTPa diberikan pada usia 2, 4, dan 6 bulan. 

2. Vaksin BCG 

Untuk pemberian vaksin jenis BCG sebaiknya diberikan pada anak sebelum memasuki usia 3 bulan dan lebih ideal diberikan saat memasuki usia 2 bulan. Jika anak baru diberikan jenis vaksin yang satu ini saat berusia 3 bulan ke atas, maka anak harus melakukan uji tuberkulin terlebih dahulu. 

3. Vaksin Polio 

Jadwal Imunisasi IDAI untuk jenis folio ini didasarkan dari lokasi anak dilahirkan. Jika anak dilahirkan di tempat pelayanan kesehatan seperti rumah sakit, puskesmas dan lain-lain, maka pemberian vaksin OPV-0 diberikan saat bayi akan dipulangkan. Tetapi jika bayi Anda dilahirkan di rumah, maka pemberian vaksin OPV-0 diberikan langsung setelah bayi lahir. Untuk vaksin jenis polio-1, polio-2, polio-3, dan polio booster diberikan OPV atau IPV. 

4. Vaksin DTP 

Jenis vaksin DTP ini diberikan paling awal pada saat anak berusia 6 minggu. Selain itu, jenis vaksin ini juga diberikan DTPa maupun DTPw ataupun dikombinasikan dengan vaksin lain. Jika anak diberikan vaksin DTPa maka pemberiannya yaitu pada usia 2, 4, dan 6 bulan. Sedangkan untuk usia diatas 7 bulan, diberikan vaksin Td dan Tdap. 

5. Vaksin PCV 

Jenis vaksin PCV atau sering disebut dengan pneumokokus diberikan saat anak menginjak usia 7 hingga 12 bulan. Dimana pemberian vaksin ini diberikan sebanyak dua kali dengan interval waktu selama 2 bulan. Sedangkan jika pada anak usia diatas 1 tahun diberikan sebanyak 1 kali. 

6. Vaksin Influenza 

Jenis vaksin ini diberikan di saat anak berusia lebih dari 6 bulan. Dimana pemberian vaksin ini dilakukan secara berulang setiap tahunnya. Jika anak diberikan vaksin pada usia kurang dari 9 tahun, maka pemberian vaksin diberikan dengan frekuensi 2 kali dengan rentang pemberian 4 minggu. 

Itulah beberapa jenis vaksin yang harus diberikan pada sang anak. Penjelasan diatas merupakan jadwal imunisasi IDAI yang harus Anda ikuti jadwal pemberiannya. Pemberian imunisasi pada anak tidak hanya penting tetapi juga harus diberikan sesuai dengan jadwal yang tepat. 

Semoga informasi di atas bermanfaat ya! 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.