Jenis KB ini Bisa Bikin Payudara Anda Besar


Buat Anda yang terlatih minum pil KB, Anda mungkin tidak asing dengan resikonya yang satu ini. Ya, teratur minum pil KB tidak cuma membuat Anda terasa mual atau sakit kepala, tetapi pun pergantian pada ukuran payudara yang jadi membesar. 

Tetapi, apa ini berarti cuma pil KB saja yang mengakibatkan ukuran payudara beralih? Nyatanya tidak, lho! Ahli kesehatan wanita, Jennifer Wider, M.D., membuka pada Self jika tidak hanya pil KB, alat KB hormonal yang lain seperti suntik KB serta IUD hormonal dapat juga menyebabkan payudara jadi membesar. 

Mengapa dapat demikian? 

Suntik KB ataupun IUD hormonal saling memiliki kandungan progestin, yakni bentuk hormon bikinan dari progesteron. Progestin berikut yang bisa menahan ovulasi, membuat cairan serviks lebih kental, serta menipiskan leher rahim. Akhirnya, proses berlangsungnya pembuahan sel telur serta sel sperma jadi terhalang hingga menahan berlangsungnya kehamilan. 

Saat Anda memakai suntik KB atau IUD hormonal, jadi kandungan hormon pada tubuh akan bertambah. Ini akan memunculkan banyak pergantian pada tubuh Anda, diantaranya pada jaringan payudara yang jadi lebih lunak, jadi membesar, serta berasa sakit. 

Diluar itu, hormon badan yang tidak seimbang pun mengakibatkan badan meredam cairan lebih beberapa dari umumnya (retensi air). Keunggulan cairan ini akan masuk ke beberapa sel lemak badan, seperti pinggul, paha, serta payudara. Jadi tidak bingung bila payudara Anda terlihat jadi membesar karena itu. 

Tetapi tidak butuh cemas, karena dampak pembesaran payudara ini umumnya tidak tahan lama. Situasi ini seringkali muncul saat Anda barusan memakai suntik KB atau IUD hormonal. 

Makin lama, badan Anda akan menyesuaikan serta mulai terlatih dengan pergantian hormon pada tubuh karena alat KB yang dipakai. Beberapa waktu sesudahnya, payudara Anda biasanya akan kembali pada ukuran normal. Dampak yang juga sama dirasa sesudah Anda terlepas KB, baik itu pil KB, suntik KB, ataupun IUD hormonal.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.