Jangan Minum Soda Setelah Olahraga, Bahaya Bagi Ginjal


Minum soda bukan sekedar beresiko buat kesehatan dalam jangka-panjang. Satu riset yang dimuat dalam jurnal Physiology temukan jika minum soda sesudah berolahraga bisa tingkatkan resiko cedera ginjal kronis. Ini terkait dengan pergantian saluran darah ke arah ginjal waktu Anda olahraga. 

Saluran darah ke arah ginjal menyusut saat Anda olahraga dalam lingkungan yang panas. Ini adalah proses normal pada badan yang mempunyai tujuan untuk mengendalikan desakan darah serta cairan dari pada tubuh. Namun, penurunan saluran darah dengan mencolok dapat turunkan supply oksigen yang diperlukan jaringan ginjal hingga menyebabkan rusaknya pada organ itu. 

Riset yang menyertakan 12 orang saat ini tunjukkan jika minum soda sesudah berolahraga punya potensi memunculkan bahaya pada ginjal. Peserta riset yang konsumsi soda sesudah olahraga tunjukkan pertanda dehidrasi mudah serta penambahan hormon vasopresin yang bisa tingkatkan desakan darah. 

Hasil tes urine ikut tunjukkan terdapatnya penambahan kreatinin dalam darah serta penurunan laju filtrasi glomerular (LFG). LFG ialah laju rata-rata penyaringan darah di glomerulus yang ada pada ginjal. Terdapatnya penambahan kreatinin serta penurunan LFG adalah sinyal dari cedera ginjal kronis, serta situasi ini bertambah kronis jika Anda pun alami dehidrasi. 

Efek minum soda buat kesehatan pada umumnya 

Rata-rata, satu kaleng minuman bersoda memiliki kandungan seputar 10 sendok teh gula penambahan. Awal mulanya, WHO sudah memberi referensi tentang konsumsi gula optimal, yaitu tidak melewati 6 sendok teh dalam satu hari. Berarti, minum sekaleng soda sesudah berolahraga akan memberi badan Anda konsumsi gula melewati batas optimal yang disarankan. 

Tidak hanya tinggi gula, minuman bersoda pun banyak terkandung cafein serta garam rafinasi. Minuman ini juga berbentuk asam hingga bisa percepat pembusukan pada lubang gigi. Minuman bersoda sebetulnya bisa dikonsumsi dalam jumlahnya dikit, tetapi konsumsinya dalam periode panjang bisa tingkatkan resiko masalah kesehatan seperti hipertensi, diabetes, obesitas, sampai penyakit jantung. 

Hindari bahaya minum soda sesudah berolahraga 

Minuman bersoda mempunyai amat sedikit nutrisi serta tidak menolong Anda pada tingkatkan perform waktu berolahraga. Sebaliknya, soda malah memberi konsumsi gula berlebihan yang bisa mengakibatkan bertambahnya berat tubuh. Minuman ini pun tidak bisa menghilangkan dahaga sesudah olahraga hingga tidak dapat disamakan dengan air putih atau minuman spesial berolahraga. 

Untuk kembalikan cairan yang hilang sesudah berolahraga, Anda bisa konsumsi pilihan minuman yang lebih sehat atau paling tidak memberikan nutrisi dibanding minum soda. Anda dapat coba juice buah murni, smoothie, sports drink, susu cokelat, minuman dari bubuk protein, atau air putih. 

Buah-buahan memiliki kandungan gula alami yang memberi daya untuk olahraga, serta smoothie terbagi dalam beberapa bahan kaya serat serta vitamin yang penting buat perform badan. Selain itu, susu serta minuman dari bubuk protein ialah sumber protein terunggul yang bisa meningkatkan massa otot. Tidak lupa, jaga kesehatan ginjal Anda dengan memenuhi keperluan air putih. 

Konsumsi minuman yang sesuai dengan sesudah olahraga bukan sekedar akan membuat perlindungan Anda dari dehidrasi. Ginjal Anda pun akan terlepas dari bahaya rusaknya karena minum soda. Yuk, batasi mengkonsumsi soda mulai saat ini.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.