Bunda Harus Tahu, Inilah 4 Jenis-Jenis Penyakit Kulit Pada Bayi

Bunda-Harus-Tahu-Inilah-4-Jenis-Jenis-Penyakit-Kulit-Pada-Bayi

Memiliki seorang bayi tentunya membuat kita menjadi lebih ekstra hati-hati dan menaruh perhatian lebih pada bayi daripada diri sendiri. Seorang bayi sangat berbeda dengan orang dewasa karena tubuhnya sangat rentan sehingga sangat mudah sakit Penyakit yang seringkali terjadi adalah penyakit kulit pada bayi. Maka tidak mengherankan jika kulit bayi tiba-tiba berwarna kemerahan sehingga membuat bayi menjadi rewel. 

Jenis-Jenis Penyakit Kulit Pada Bayi 

Bagi Anda yang memiliki seorang bayi dan belum mengetahui bagaimana jenis penyakit kulit yang sering terjadi pada bayi, maka Anda perlu untuk menyimak penjelasan berikut. Di bawah ini akan dijelaskan mengenai jenis penyakit kulit yang sering terjadi pada bayi. Silahkan simak penjelasan berikut ini. 

1. Dermatitis Kontak Iritan 

Jenis penyakit kulit ini merupakan jenis yang paling umum terjadi pada bayi. Penggunaan popok pada bayi akan menimbulkan ruam pada sisi yang tertutup oleh popok. Ruam berwarna merah setelah memakai popok ini disebut dengan dermatitis kontak iritan. Bagian tubuh bayi yang sering mengalami penyakit kulit jenis dermatitis kontan iritan ini adalah bagian bokong dan lipatan-lipatan paha yang tertutup oleh popok. 

Penyebab timbulnya penyakit kulit ini pada bayi karena penggunaan popok yang relatif lama. Dan penyebab lainnya yaitu kulit bayi yang terpapar dengan tinja atau air seni sehingga bakteri yang ada pada tinja dan air seni membuat timbulnya ruam berwarna kemerahan setelah pemakaian popok pada bayi. 

2. Eksim

Penyakit kulit lainnya yang sering terjadi pada bayi adalah eksim atau sering juga dikenal dengan nama dermatitis atopik. Tanda dari penyakit kulit ini adalah warna kulit yang menjadi kemerahan dan timbul sensasi gatal. Untuk penyakit kulit ini bersifat jangka lama dan tidak ada obat untuk menyembuhkan penyakit ini. Obat yang beredar untuk penyakit ini hanya bersifat meredakan gejalanya. 

Jika penyakit kulit pada bayi yang satu ini terjadi pada bayi Anda, maka Anda harus melakukan hal-hal berikut agar tidak memperparahnya seperti: jangan menggaruknya, hindari penggunaan sabun yang menimbulkan iritasi, selalu menjaga kebersihan, menjaga kulit tetap lembab dan terhidrasi, dan lain-lain. 

3. Biang Keringat 

Salah satu jenis penyakit kulit yang sering terjadi pada bayi adalah biang keringat. Jenis penyakit kulit ini menyebabkan pori-pori kulit tersunbat sehingga keringat tidak dapat keluar. Jika bayi Anda mengalami jenis penyakit kulit ini, maka akan timbul bintik-bintik seperti jerawat. Biasanya bagian tubuh yang sering mengalami penyakit kulit jenis ini adalah punggung, leher dan kepala. 

Jika biang keringat ini muncul pada tubuh bayi Anda, maka Anda dapat menjaga kebersihan baju bayi Anda. Selain itu, gunakanlah baju yang dapat menyerap keringat dengan baik. Dengan selalu menjaga kebersihan dan menggunakan pakaian yang nyaman dan mudah menyerap keringat ini, maka biang keringat pada bayi akan perlahan memudar. 

4. Impetigo 

Jenis penyakit kulit yang satu ini sering menyerang pada bagian mulut dan hidung bayi. Tanda dari penyakit kulit ini adalah munculnya ruam yang dapat mengeluarkan cairan kekuningan. Jika hal ini terjadi pada bayi, Anda jangan sampai menggaruknya karena akan membuatnya semakin menyebar ke bagian tubuh lainnya. 

Itulah beberapa penyakit kulit pada bayi yang sering menyerang. Penyakit kulit yang dialami bayi ini harus Anda ketahui agar dapat menangani secara cepat dan tidak bingung lagi jika hal ini menyerang buah hati Anda. Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.